RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB PADA KANTOR KECAMATAN DENGAN FITUR NOTIFIKASI TELEGRAM
Date
2022
Author
Asep Zaenudin, Yuda Syahidin
Sistem pengaduan yang masih berjalan secara manual berkaitan dengan layanan masyarakat di Kecamatan Banjaran, tidak efisien karena masyarakat harus datang langsung ke kantor Kecamatan. Deskripsi pengaduan yang masih dicatatkan pada buku juga berpotensi tercecer sebelum perkara pengaduan telah diselesaikan. Tujuan studi ini untuk membuat rancangan sistem informasi pengaduan masyarakat berbasis Web yang di harapkan dapat membantu mengefesienkan kinerja petugas dan masyarakat dalam menyampaikan dan menangani pengaduan. Sistem di rancang dengan mengunakan bahasa pemrograman PHP Native dan Bootstrap. Metode pengembangan sistem mengunakan metode Waterfall. Fitur-fitur fungsional aplikasi berupa identitas masyarakat yang, pengajuan aduan, status pengaduan, serta rekaman proses dan layanan informasi bagi manajemen organisasi diuji dengan teknik pengujian Black Box. Hasil Pengujian menunjukan fitur-fitur fungsional aplikasi telah valid dan dapat membantu petugas mengolah data dan menyajikan informasi pengaduan kepada pihak manajemen organisasi, serta mempermudah masyarakat mengajukan dan memantau proses pengaduan melalui notifikasi Telegram.
Link publikasi : http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/812