PENGARUH KUALITAS PRODUK TOGA WISUDA TERHADAP PEMBELIAN ULANG (STUDI KASUS DI CV. CARAKA INDONESIA BANDUNG)
Date
2022
Author
Estuning Dyah Muryani, Tiris Sudrartono
CV. Caraka Indonesia, salah satu perusahaan pada bidang produksi yaitu produksi toga
wisuda dan perlengkapannya. Untuk mempertahankan pelanggan supaya melakukan
pembelian ulang, perusahaan selalu berusaha untuk menyediakan produk dengan kualitas
yang baik. Arah dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah toga wisuda memiliki
pengaruh terhadap pembelian ulang. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yakni
kualitas produk (X) dan variabel terikat yakni pembelian ulang (Y). Teknik dalam
penentuan sampel dibuat memakai non probability sampling untuk menyebar kuisioner
kepada 46 responden. Lalu dilakukan uji statistik (uji validitas, hipotesis, koefisien
determinasi, dan korelasi) dengan memakai aplikasi SPSS V25. Hasil analisis data
diperoleh thitung > ttabel (9,398 > 1.67866), maka uji hipotesis menghasilkan pengaruh
positif pada pembelian ulang dari kualitas produk. Dari hasil output SPSS didapatkan
nilai adjust R square sejumlah 0,660, dalam persen 66,0%. Hal tersebut terlihat pengaruh
kualitas produk terhadap pembelian ulang di CV. Caraka Indonesia 66,0% dan lainnya
34,0% dipengaruhi variabel yang tidak diambil. to minimize the causes of failed shipments by increasing supervision of writing addresses in accordance with applicable SOP (Standar Operating Procedures) and always re-checking when sending letters or goods.